Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran

lencana 3

Kunci Jawaban dan Pembahasan Materi Soal

Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru – Angkatan 1.



Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 mengacu pada kesehatan dan keselamatan seluruh warga sekolah.

Benar

Dengan adanya risiko penularan virus COVID-19, praktik penyelenggaraan pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk memastikan keselamatan dan kesehatan warga sekolah.


Pada pembelajaran di masa pandemi COVID-19, satuan pendidikan dapat memilih kurikulum yang hendak digunakan, yaitu: Kurikulum 2013 atau Kurikulum Kondisi Khusus.

Salah

Satuan pendidikan dapat memilih salah satu dari tiga kurikulum, yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum Kondisi Khusus, dan Kurikulum Mandiri.


Pandemi COVID-19 yang tidak menentu membuat satuan pendidikan perlu adaptif dalam mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi, termasuk adanya varian baru virus COVID-19.

Benar

Salah satu konsep pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ialah adaptif terhadap dinamika kondisi pandemi COVID-19 yang tidak menentu.


Kepala satuan pendidikan dan guru berperan penting dalam menjamin keselarasan kurikulum, asesmen, dan pembelajaran.

Benar

Salah satu prinsip pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ialah pentingnya siklus pembelajaran yang menggambarkan hubungan antar kurikulum, asesmen, dan pembelajaran.


Pada pembelajaran di masa pandemi COVID-19, orang tua diwajibkan untuk mengizinkan anaknya mengikuti PTM Terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah

Sesuai dengan SKB 4 Menteri, orang tua/wali diberi kebebasan untuk memilih apakah menyetujui anaknya melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau tetap melanjutkan pembelajaran secara jarak jauh.


Strategi pembelajaran di masa pandemi COVID-19 mencakup pembelajaran campuran dan pembelajaran jarak jauh.

Benar

Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 melibatkan 2 strategi pembelajaran, yaitu:

  1. Pembelajaran campuran yang terdiri atas PTM terbatas dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  2. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


Pada PTM Terbatas, kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru penjelasan materi dan penugasan.

Salah

PTM Terbatas dilakukan dengan memaksimalkan moda sinkron secara tatap muka. Oleh karena itu, strategi belajar lebih diutamakan untuk diskusi, praktik, refleksi, dan umpan balik.


Pada pembelajaran campuran, guru akan kesulitan jika peserta didik tidak memiliki fasilitas teknologi yang menunjang pembelajaran.

Salah

Teknologi pada pembelajaran campuran digunakan sebagai alat bantu yang mendukung proses pembelajaran. Guru tidak perlu khawatir jika peserta didik tidak memiliki fasilitas teknologi yang menunjang pembelajaran. Dalam menjalankan strategi pembelajaran, baik pembelajaran campuran maupun PJJ, yang perlu dipahami guru ialah menerapkan pola belajar sinkron dan asinkron yang tepat sesuai kebutuhan belajar peserta didik.


Guru Rani mengajar kelas 5 SD. Pada pembelajaran jarak jauh, Guru Rani melakukan sesi belajar melalui zoom bersama murid-muridnya. Pola pembelajaran yang dilakukan Guru Rani ialah PJJ asinkron.

Salah

Pembelajaran yang dilakukan melalui zoom atau aplikasi konferensi video lainnya terjadi pada waktu yang telah disepakati bersama. Pola belajar seperti ini menggunakan moda belajar sinkron.


Langkah pertama yang dilakukan guru dalam merancang pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ialah melakukan asesmen diagnosis dan orientasi kesiapan belajar serta psikososial peserta didik.

Benar

Alur pembelajaran di masa pandemi COVID-19 pada tahap awal guru perlu melakukan asesmen diagnosis sebelum pembelajaran untuk mengetahui kondisi psikososial sebagai dasar bagi guru dalam melakukan penyesuaian tujuan, asesmen, dan strategi pembelajaran.

Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran