Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas

lencana 4

Kunci Jawaban dan Pembahasan Materi Soal

Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru – Angkatan 1.



Langkah pertama yang dapat guru lakukan dalam melakukan penyusunan RPP adalah menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Benar

Satuan Pendidikan mempunyai otoritas untuk menentukan kurikulum yang akan digunakan sekolah dan membuat jadwal pembelajaran sekolah. Guru perlu memahaminya untuk menurunkan ke dalam kurikulum kelas/mata pelajaran dan jadwal kelas/mata pelajaran.


Guru Atika telah merencanakan untuk melakukan asesmen diagnosis pada siswa dan orang tua di awal kelas Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini akan ia gunakan untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa-siswinya.

Benar

Asesmen diagnosis, kognitif dan non kognitif, memberikan informasi kepada guru mengenai kebutuhan siswa dan memberikan layanan yang lebih berdiferensiasi untuk siswa.


Guru Ria diberi tahu bahwa salah siswa kelasnya terkonfirmasi positif setelah kunjungannya dari luar kota. Guru Ria kemudian melaporkan kepada tim kesehatan sehingga PTM tetap berjalan seperti jadwal biasa.

Salah

Dimana ditemukan kasus konfirmasi positif di kelas, guru kelas akan melaporkan pada tim gugus COVID-19 di satuan pendidikan untuk ditindaklanjuti. PTM sementara tidak dilakukan untuk menghindari resiko penularan.


Guru Patria menyusun komposisi PTM dan PJJ di kelasnya dengan menekankan komposisi terbanyak pada PTM yaitu 4 kali seminggu. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan banyaknya beban materi belajar yang perlu dikuasai dan dilatih oleh siswa kelas 5 menghadapi AKM.

Salah

Komposisi PTM perlu dipertimbangkan dengan melihat antara lain perkembangan kondisi pandemi COVID-19 di daerah masing-masing, jumlah rombel dalam jenjang kelas dan satuan pendidikan, bukan beban kurikulum atau latihan menghadapi AKM.


Berkaca dari pengalaman pembelajaran di Tahun Ajaran yang lalu, Guru Dito bertekad untuk melakukan strategi asesmenformatif yang lebih beragam di Tahun Ajaran 2021/2022, dan memberikan umpan balik yang berkala pada siswa-siswinya sehingga mereka dapat melakukan perbaikan jangka pendek.

Benar

Asesmen formatif dapat mendorong peserta didik mencapai tujuan belajar dengan melakukan penyampaian umpan balik yang dilakukan secara berkala. Asesmen formatif bertujuan untuk merefleksikan proses belajar dan tidak menentukan nilai akhir peserta didik.


Guru Ima mengajar di TK A dan memberikan tugas-tugas mandiri yang harus dilakukan bersama-sama oleh murid dan orang tua di rumah. Hal ini dilakukan untuk tetap memberikan stimulasi langsung pada murid TK A yang tidak dapat dilakukan secara maksimal melalui PTM.

Benar

Salah satu metode PJJ adalah belajar mandiri. Belajar mandiri diberikan sehingga setiap murid dapat mengatur waktu dan kecepatan belajar sesuai kebutuhan, bahkan menggunakan berbagai sumber belajar yang beragam yang mendukung.


Karena banyaknya Rombel di jenjang kelas VII, maka jumlah klombel untuk setiap kelas terpaksa dibuat sedikit lebih besar dari batasan ketentuan maksimal sehingga dapat mengakomodasi semua siswa untuk mengalami PTM minimal 2 kali seminggu.

Salah

Banyaknya jumlah PTM ditentukan oleh jumlah klombel. Semakin banyak jumlah klombel maka semakin sedikit jumlah PTM yang mungkin dilakukan. Hal ini tentunya untuk tetap menerapkan prokes dan menghindari potensi penularan melalui kerumunan. Jumlah siswa dalam klombel pun perlu dipastikan untuk tidak melebihi kapasitas ketentuan protokol kesehatan yang disarankan dalam SKB 4 Menteri.


Untuk memastikan semua guru tetap bekerja dan menjalankan tugasnya sesuai jam mengajar, semua guru, baik mereka yang akan mengajar di sesi PTM maupun yang tidak, tetap diharuskan bekerja dari sekolah.

Salah

Dalam penerapan di sekolah dan kelas masing-masing nanti, guru dapat menyesuaikan jadwal pembelajaran dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing.


Sebelum Tahun Ajaran baru dimulai, Sekolah tempat Guru Wahyudi mengajar, menjadwalkan sosialisasi kepada orang tua murid untuk memahami ketentuan PTM terbatas sekolah secara umum, dan memahami jadwal pelajaran kelas secara khusus. Hal ini penting, agar orang tua memiliki pemahaman yang sama akan protokol kesehatan dan tujuan pembelajaran anaknya untuk memberikan dukungan penuh.

Benar

Salah satu tujuan sosialisasi pembelajaran dengan orang tua adalah untuk mengomunikasikan jadwal dan kebutuhan pembelajaran kelas atau mata pelajaran pada orang tua sehingga orang tua dapat mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikologis.


Guru Suci mengajar Matematika di kelas IX SMP. Beban mengajar Guru Suci saat Pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022 akan berkali-kali lipat, karena ia harus mengajar berkali-kali sehari.

Salah

Perubahan strategi ke pembelajaran campuran memang menuntut perubahan kebiasaan. Jumlah klombel disatu jenjang kelas memang akan lebih banyak dengan jumlah siswa yang lebih sedikit. Guru dapat mengajar lebih banyak klombel namun dengan jumlah murid dan jam pertemuan yang lebih berkurang dari normal pembelajaran.

Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas