ANGKLUNG

angklung

Apa itu Angklung?

Angklung merupakan alat musik tradisional yang termasuk dalam keluarga alat musik idiophone, terbuat dari rangkaian ruas bambu, dimainkan dengan cara digoyang atau atau diguncangkan atau digetarkan dengan tangan.
Alat musik tradisional ini sangat populer, terutama di daerah Jawa Barat. Namun selain di Jawa Barat, Angklung juga dikenal di daerah lain seperti Jawa Timur, Bali, Kalimantan dan juga daerah lainnya. Bahkan tidak hanya di Indonesia, Angklung juga populer hingga di Manca Negara.
 

Bagian-Bagian Angklung

Secara garis besar Angklung terbentuk dari 2 bagian, yaitu Rangka atau Ancak (frame) dan Tabung atau Bungbung (tube).
  1. Rangka, terdiri dari: tihang atau jejer dan palang atau toros, yang diikat dengan lilitan rotan di beberapa bagiannya.
  2. Tabung, terdiri dari: Tabung dasar atau disebut Parungpung atau Parumpung Tatapakan dan Tabung Resonator atau lawong yang disebut Parungpung sosoraan atau Parungpung Laras
bagian-angklung
Keterangan gambar:
A1 : Tihang atau jejer
A2 : Palang atau Toros
A3 : Palang Gantung
TD : Tabung Dasar
TB : Tabung Besar (resonator)
TS : Tabung Sedang (resonator)
TK : Tabung Kecil (resonator)
T7 : Tabung Seven atau Tujuh (resonator)

Sebuah angklung atau saancak angklung terdiri atas bagian rangka yang disebut ancak (frame) dan bungbung atau tabung pembentuk bunyi yang disebut parungpung atau rumpung. — Bagian ancak terdiri atas tihang (3)dan palang atau toros (4). Bagian parungpung terdiri atas parungpung-tatapakan atau tatapakan (1) yang tertidur mendatar (horisontal) di bawah dan parungpung-sosoraan atau parungpung-laras (2) yang berdiri tegak (vertikal) di atasnya dengan menggantung pada batang palang toros; bagian atasnya “disogat” (dibuang sebelah sebagian, seperti tabung pada calung) dan diberi berluang untuk menggantung (liang-toros). Parungpung-laras/parungpung-sosoraan (sebagai tabung bernada, dan juga sebagai resonator atau lawong) berjumlah 2 atau 3, bahkan pada angklung moderen yang bertangga nada diatonis ada yang berjumlah 4; terdiri atasparungpung-anak (2a), parungpung-panengah (2b), parungpung-indung (2c), danparungpung-panyuwuk bila ada. Bagian bawah dari parunpung-laras atau suku-parungpung masuk ke dalam lobang bagian atas dari tatapakan (cokrah-tatapakan) sehingga ketika angklung digoyang suku dan bibir lubang tatapakan beradu dan menimbulkan suara (sora-laras) tertentu.

Contoh Lagu Que Sera Sera Angklung
Klik Listen in browser 

bermain-angklung


Range Suara Angklung

Wilayah Nada Angklung

Angklung Bass

Angklung Bass atau Angklung Bass Party atau Angklung Melodi Rendah berjumlah 11 Angklung. Dimulai dari nada yang paling rendah yaitu nada G2 + G3 (nada oktaf) sampai dengan nada F3 + F4 (nada oktaf).
wilayah nada angklung

Angklung Melodi 2 Tabung

Angklung Melodi 2 tabung berjumlah 31 Angklung. Ditandai dengan simbol nomor dan nada. Dimulai dari nomor angklung 0 dengan nada angklung melodi yang paling rendah yaitu nada F#3 + F#4 sampai dengan nomor angklung 30 yaitu nada angklung melodi yang paling tinggi nada C6 + C7.

wilayah nada angklung

Angklung Melodi 3 Tabung

Angklung Melodi 3 tabung hampir sama dengan Angklung Melodi 2 tabung. Hanya saja pada angklung melodi 3 tabung, tabung besar (nada asli) berjumlah 2 tabung, dengan tujuan untuk mempertebal suara yang dihasilkan.
Angklung Melodi 3 tabung berjumlah 31 Angklung. Ditandai dengan simbol nomor dan nada. Dimulai dari nomor angklung 0 dengan nada angklung melodi yang paling rendah yaitu nada F#3 + F#3 + F#4 sampai dengan nomor angklung 30 yaitu nada angklung melodi yang paling tinggi nada C6 + C6 + C7.
wilayah nada angklung
Angklung Akor
angklung pengiring

Gambang
wilayah nada gambang
Comments