Ragam Alat Musik Tradisional Gesek

Image by Irom Book, redesign by djuned.com

Keragaman seni budaya Nusantara termasuk didalamnya berupa keragaman alat musik tradisional merupakan kekayaan luar biasa yang sepatutnya untuk dijaga kelestariannya. Minimal dapat mengenal dan mengetahui nama, bentuk, serta wilayah berkembangknya alat musik tersebut.

Alat musik tradisional Indonesia ada yang merupakan alat musik asli serta alat musik yang dikembangkan dari kebudayan lain.

Halaman ini akan membahas tentang ragam alat musik tradisional dawai atau kordofon yang dimainkan dengan cara digesek yang antara lain terdiri dari alat musik berikut.

1. Rebab

Rebab adalah alat musik kordofon yang mempunyai 2 senar dengan dimainkan dengan cara digesek. Rebab terbuat dari kayu dengan lapisan kain beludru, kulit binatang, senar dari perunggu, dan juga bulu ekor kuda yang dipasang pada kayu sebagai alat penggesek. Dalam komposisi musik, alat musik Rebab berfungsi sebagai alat musik melodis.

Alat musik Rebab berasal dari Arab. Di Indonesia, alat musik Rebab banyak digunakan di beberapa wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat (Sunda), Kalimantan, dan Bali (mungkin juga daerah lainnya) dengan beragam pengembangan bentuk dan bahan dasar serta sistem nadanya.

2. Tarawangsa

Tarawangsa adalah alat musik kordofon yang terbuat dari kayu dan mempunyai 2 atau 3 senar dengan dimainkan dengan cara digesek. Dalam komposisi musik, alat musik Tarawangsa berfungsi sebagai alat musik melodis.

Alat musik Tarawangsa adalah alat musik tradisional khas masyarakat Sunda di Jawa Barat yang merupakan pengembangan dari alat musik Rebab. Ada dua jenis Tarawangsa yang berkembang yaitu Tarawangsa Sumedang yang menggunakan 2 senar dan Tarawangsa Pangguyangan yang pada jaman dahulu menggunakan 3 senar (namun saat ini juga menggunakan 2 senar). Perbedaan lainnya anatara Tarawangsa Sumedang dan Tarawangsa Pangguyangan adalah ukuran leher dan motif ukiran pada bagian kepala.

3. Keso keso

Keso atau Keso keso adalah alat musik kordofon yang terbuat dari tempurung kelapa, bambu/kayu sebagai batangnya, dan 2 buah senar yang pada jaman dahulu terbuat dari balu’bu’ (benang-benang kasar berwarna hitam yang melekat pada batang pohon enau). Dalam komposisi musik, alat musik Keso keso berfungsi sebagai alat musik melodis.

Alat musik Keso keso adalah alat musik tradisional khas masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan.

4. Sukong, Tehyan, Kongahyan

Sukong, Tehyan, dan Kongahyan adalah alat musik kordofon yang mempunyai 2 senar dengan dimainkan dengan cara digesek yang merupakan pengembangan dari alat musik Erhu dari Tiongkok. Dalam komposisi musik, alat musik Sukong, Tehyan, dan Kongahyan berfungsi sebagai alat musik melodis.

Perkembangan alat musik Sukong, Tehyan, dan Kongahyan dapat ditemukan dalam masyarakat Betawi terutama pada kesenian Gambang Kromong.

5. Arbab

Arbab adalah alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara digesek terbuat dari tempurung kelapa, kulit kambing, kayu, dan 2 buah senar serta alat penggeseknya yang disebut Go Arbab yang terbuat dari kayu dan rotan atau serat tumbuhan. Dalam komposisi musik, alat musik Arbab termasuk dalam kelompok alat musik melodis.

Arbab merupakan alat musik tradisional yang pernah berkembang di daerah Pidie, Aceh Besar dan Aceh Barat. Selain itu, alat musik Arbab juga dapat ditemui di daerah Simalungun, Sumatera Utara dimana alat musik Arbab tersebut terbuat dari labu pahit yang tua, bambu, kulit kambing, dan benang hori. Alat penggeseknya dibuat dari bulu ekor kuda atau serabut (ijuk) riman atau ijuk enau (aren).

6. Arababu

Arababu adalah alat musik tradisional dari daerah Ternate, Maluku Utara. Arababu termasuk dalam klasifikasi alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara digesek.

Alat musik Arababu mirip dengan alat musik Rebab, namun ukurannya lebih kecil dan juga Arababu hanya menggunakan 1 (satu) senar, sementara Rebab umumnya menggunakan 2 senar.

Terbuat dari setengah bagian tempurung kelapa sebagai resonatornya, bambu sebagai batang pegangannya, serta kayu yang diberi senar untuk penggesek

Biasanya dimainkan sebagai alat musik melodis bersama dengan alat musik tradisional lainnya seperti alat musik Tifa, Gong ataupun Fuk-fuk.

7. Lagia

Lagia adalah alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara digesek terbuat dari kayu dan satu buah senar serta alat untuk menggesek. Dalam komposisi musik, alat musik Lagia termasuk dalam kelompok alat musik melodis yang saat dibunyikan diikuti nyanyian keluh kesah pemain alat musik tersebut.

Lagia merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

8. Raba (Tello)

Raba (Tello) adalah alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara digesek terbuat dari tempurung kelapa yang dipasang pada satu tangkai kayu dengan satu buah senar serta alat untuk menggesek. Dalam komposisi musik, alat musik Raba (Tello) termasuk dalam kelompok alat musik melodis.

Alat musik Raba (Tello) berasal dari daerah Pulau-pulau Batu, Nias Selatan, Sumatera Utara.

Selain alat musik di atas, masih banyak lagi alat musik tradisional lainnya yang dimainkan dengan cara digesek.
Bagi pembaca yang ingin memberikan tambahan maupun koreksi sehubungan dengan artikel Ragam Alat Musik Tradisional Gesek silahkan menulis di kolom komentar.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Comments