Keluarga Biola


Keluarga Biola

Keluarga alat musik gesek atau biasa disebut instruments bowed string yang disebut juga kelompok alat musik keluarga Biola, terdiri dari Violin (Biola), Viola (Biola Alto), Cello (Celo/Selo), dan Double Bass (Bass Betot/Kontra Bass). Keempat alat musik ini menggunakan 4 senar/dawai/strings.

Biola dan Paduan Suara

Jika disamakan dengan Paduan Suara, kelompok alat musik Biola ini bisa diibaratkan sebagai berikut:

Violin = Sopran, Viola = Alto, Cello = Tenor, dan Double Bass = Bass

Sebutan Pemain

Pemain Biola disebut Violinist dan pemain Viola disebut Violist. Sementara pemain Selo disebut Cellist dan Pemain Kontra Bass disebut Bassist.

Biola (Violin)

Biola merupakan alat musik dengan nada tertinggi dalam keluarga Biola. Nada paling rendah adalah nada G. Susunan senarnya yaitu E, A, D, G.


Biola dimainkan dengan cara diletakkan di atas bahu dan dijepit oleh dagu kemudian digesek dengan menggunakan penggesek biola yang disebut Bow. Dalam penulisan notasi partitur, Biola (Violin) menggunakan Kunci G atau Kunci Biola atau Kunci Treble atau Treble Clef.
Biola mempunyai ukuran yang paling besar adalah 4/4. Ukuran lain Biola yang umum selain 4/4 adalah ukuran 3/4 dan 1/2. Ada juga ukuran lainnya, yaitu ukuran 7/8 yang biasanya digunakan oleh wanita dan juga ada ukuran kecil seperti ukuran 1/32, 1/16, 1/10, dan 1/8 yang jarang ditemukan atau jarang ada yang menjual di pasar Biola Indonesia.

Biola Alto (Viola)

Biola Alto atau Viola merupakan alat musik yang ukurannya lebih besar dari Biola (Violin) serta memiliki jangkauan nada lebih rendah dari Biola (Violin). Nada paling rendah adalah nada C. Susunan senarnya yaitu A, D, G, C.


Memainkan Biola Alto sama dengan Biola yaitu dimainkan dengan cara diletakkan di atas bahu dan dijepit oleh dagu kemudian digesek dengan menggunakan penggesek biola yang disebut Bow. Dalam penulisan notasi partitur, Biola Alto (Viola) menggunakan Kunci C atau Kunci Alto atau Alto Clef.
Biola Alto (Viola) ukurannya ditandai dengan Inch seperti ukuran 17.5" (17.5 inch) adalah ukuran terbesar Viola.

Selo (Cello)

Selo atau Cello merupakan alat musik yang ukurannya lebih besar dari Biola Alto serta memiliki jangkauan nada lebih rendah dari Biola Alto. Nada paling rendah adalah nada C. Susunan senarnya yaitu A, D, G, dan C (A3, D3, G2, dan C2).

djuned-cellist

Cello dimainkan dengan digesek secara horisontal di mana posisi cello berdiri dan diletakkan di antara kedua kaki pemainnya seperti dijepit oleh kedua lutut kaki pemainnya. Untuk menahan posisi Cello agar tidak mudah bergeser, di bagian ujung kaki Cello ada alat yang terbuat dari sejenis besi yang disebut Endpin (spike) yang biasanya juga diletakkan pada alat penahan yang disebut Cello Stopper. Dalam penulisan notasi partitur, Cello menggunakan Kunci F atau Kunci Bass atau Bass Clef.

Kontra Bass (Double Bass)

Kontra Bass atau Bass Betot atau Double Bass merupakan alat musik yang ukurannya paling besar serta memiliki jangkauan nada paling rendah dari keluarga alat musik Biola. Nada paling rendah adalah nada E. Susunan senarnya yaitu E, A, D, dan G (E1, A1, D2, dan G2).

Kontra Bass dimainkan dengan digesek secara horisontal di mana posisi Kontra Bass berdiri dan diletakkan seperti disandarkan pada tubuh pemainnya yang membelakanginya. Untuk menahan posisi Kontra Bass agar tidak mudah bergeser, di bagian ujung kaki Kontra Bass ada alat yang terbuat dari sejenis besi yang disebut Endpin atau Stachel. Dalam penulisan notasi partitur, Kontra Bass menggunakan Kunci F atau Kunci Bass atau Bass Clef.

Siapa duluan yang lahir dalam keluarga Biola

Jika ditinjau dari sejarahnya, biola (violin) lah yang pertama kali muncul dan dikembangkan, diikuti oleh cello, kemudian viola, dan terakhir kontra bass. Oleh karena itu, urutan dari yang pertama muncul hingga yang terakhir adalah sebagai berikut: biola (violin), cello, viola, dan kontra bass.

Biola (violin) merupakan alat musik gesek yang sudah ada sejak abad ke-16 di Italia. Cello mulai berkembang sekitar abad ke-17, sedangkan viola muncul pada awal abad ke-16, namun baru menjadi bagian dari keluarga alat musik gesek modern pada abad ke-18. Kontra bass, atau double bass, berkembang pada abad ke-16, meskipun bentuknya yang mirip dengan kontra bass modern belum muncul hingga abad ke-18. Namun, perkembangan dan evolusi dari keempat alat musik gesek tersebut terus berlanjut hingga saat ini.

Comments