Buku Metode Vokal

concone

Buku Metode Vokal atau Buku Metode Bernyanyi

Dalam belajar mempermainkan alat musik, termasuk belajar vokal dan juga belajar teori musik, kita dapat menggunakan buku yang berisi tentang metode pembelajaran yang biasanya terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari dasar hingga mahir. 

Saat saya kuliah di awal tahun 2000an, saya menggunakan 2 buku utama yaitu Concone dan Vaccai. Meskipun sebetulnya buku-buku tersebut mempunyai beberapa bagian atau tingkatan, namun kami lebih mengenal dengan sebutan Buku Concone atau Buku Vaccai. Kedua buku tersebut merupakan buku metode vokal yang banyak digunakan. Judul-judul dari buku-buku tersebut biasanya lebih memperlihatkan nama panggilan dari sang pembuat buku yang ditulis dengan huruf besar atau mencolok pada sampulnya dibanding dengan judul metodenya atau bagian pembelajarannya yang biasanya ditulis lebih kecil. Seperti buku berjudul Concone yang diambil dari dari nama seorang guru vokal berasal dari Italia bernama Giuseppe Concone. Buku lain berjudul Vaccai yang diambil dari nama penulisanya Nicola Vaccai seorang komposer opera Italia dan guru vokal.

Selain kedua buku tersebut, sebetulnya masih banyak buku pembelajaran vokal yang dapat digunakan, diantaranya adalah buku-buku yang dibuat oleh beberapa guru atau ahli vokal sebagai berikut: 

Auguste Mathieu Panseron (Panseron, Auguste)

Heinrich Panofka (Panofka, Heinrich)

Francesco Lamperti (Lamperti, Francesco)

Franz Wilhelm Abt (Abt, Franz)

Manuel Patricio Rodríguez García (García, Manuel)

Mathilde Marchesi (Marchesi, Mathilde)

William Shakespeare (Shakespeare, William)

dan tentunya juga buku-buku metode vokal yang dibuat oleh Guru-guru vokal di sekolah-sekolah atau tempat kursus musik juga dapat dijadikan referensi.

Comments