Software Notasi Musik

avid-sibelius

Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan musik. Salah satunya yang berhubungan dengan penulisan (menulis dan mengedit) notasi musik dengan lahirnya software notasi musik (Scorewriter), yang membantu para pegiat musik dalam menungkan ide musiknya ke dalam bentuk notasi musik atau untuk kegiatan lainnya yang berhubungan dengan penulisan notasi musik menggunakan komputer (dan juga perangkat lainnya seperti Laptop, Tablet, dan Handphone). 

Pada awal tahun 2000an, software notasi musik yang pertama kali saya kenal dan populer di lingkungan saya adalah Encore. Beberapa tahun kemudian mulai banyak digunakan juga Finale dan Sibelius yang masih populer digunakan hingga saat ini.

Semakin tahun berganti, semakin banyak software untuk menulis musik tersedia. Baik yang berbayar maupun yang gratis. Baik yang dapat digunakan secara offline maupun yang harus menggunakan internet.

Dari sekian banyaknya software notasi musik tersebut, tentunya pilihan kita adalah disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan kita dalam menggunakan software tersebut, karena masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan software tersebut untuk menjadi sahabat yang kita ajak berkolaborasi dalam menuangkan ide kreatif kita, dan bukan menjadikan software tersebut sebagai pengganti ide kreatif kita.

Berikut ini merupakan beberapa Perangkat Lunak untuk menulis notasi musik.

1. Encore

encore


2. Finale

finale


3. Sibelius - Avid

sibelius


4. Musescore

musescore


5. Dorico - Steinberg

steinberg-dorico


6. Guitar Pro 

guitar-pro


7. Forte

forte


8. Capella

9. Melody Assistant

10. SmartScore

11. PreSonus Notion

12. Crescendo Music Notation Editor

Comments